Berita Berdasarkan Kategori

Ulos Festival 2019

Ulos Fest 2019, digelar di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, 12-17 November 2019. Lewat even itu, diharapkan ulos diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan diterima jadi warisan dunia.

“Ulos Fest 2019 digagas oleh Batak Center. Tujuannya ialah untuk mengenalkan ulos pada dunia agar dapat diterima jadi warisan dunia yang diakui UNESCO,” ujar Ketua Panitia Ulos Fest 2019, Johannes Marbun, Selasa (12/11/2019). Dikatakan, Pemerintah telah menetapkan kain Ulos Toba sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 8 Oktober 2014.melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 270/P/2014 tentang Penetapan warisan Budaya Tak Benda.

Menurutnya, setelah ditetapkan sebagai Warisan Tak Benda Nasional, kain Ulos Toba berpeluang didaftarkan sebagai warisan dunia. Selain memamerkan beragam jenis Ulos, acara juga dirangkai dengan Seminar Nasional dan menghadirkan talk show, workshop, tortor dan lainnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, membuka Ulos Fest 2019 itu. Dia mengapresiasi even itu dan mendukung usulan perwujudan ulos sebagai warisan budaya tak benda dunia. Bahkan even itui menjadi kebanggaan untuk semua, bagi bangsa Indonesia, utamanya saudara-saudara Batak se-Sumut. “Ulos memiliki nilai dan kualitas yang luhur di tengah jutaan karya budaya bangsa lainnya, serta sebagai wujud keragaman budaya Indonesia yang sangat kaya raya,” ungkap Bambang. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengatakan ulos merupakan salah satu hasil tenun yang indah dan buah pikir atau budaya yang tinggi dari suatu peradaban.

Ulos yang ada sejak ribuan tahun lalu di tengah masyarakat Batak, merupakan fakta yang patut dibanggakan, artinya para leluhur di masa lalu telah memiliki kultur yang maju. “Ulos memang kebanggan masyarakat Batak. Tapi menurut kaca mata saya, buah pikir dan seni kualitas tinggi dalam proses pembuatan ulos ini adalah warisan leluhur kita seluruh masyarakat dunia yang patut kita banggakan.

Untuk itu, usulan untuk mendorong UNESCO jadikan ulos sebagai warisan dunia sangat saya dukung,” tutur Edy Rahmayadi. Tidak hanya rupa ulos yang indah, menurut Edy, adat istiadat di balik pemakaian ulos pada suku Batak juga sangat unik. Dirinya sudah pernah berkeliling Indonesia dan melihat ragam adat istiadat, namun menurut Edy penggunaan ulos dalam Batak merupakan salah satu yang paling unik. “Mau menikah, laki-laki ulosnya beda. Bapak datangi orang kawinan, karena bapak dari luar (keluarga luar) ulosnya beda. Kasarnya, dari lahir sampai meninggal ada ulosnya sendiri-sendiri,” katanya, yang disambut dengan tawa para hadirin.

Photo Kegiatan

PHOTO KEGIATAN INTERNAL BATAK CENTER

PENYERAHAN PIAGAM PENGHARGAAN

 

Piagam Penghargaan

Horas, mejuah-juah, njuah-juah!

Salam Pancasila!

Puji Tuhan/ Alhamdulillah!

Ketum BATAK CENTER, Amang Sintong M. Tampubolon, Bendum BATAK CENTER, Amang Lambok Sianipar, dan salah seorang Intelectual Think Tank BATAK CENTER  Amang Parlin Sianipar bersama-sama Sahabat BATAK CENTER, Amang Harangan W.  Hutahayan & Inang, owner Labersa Hotel, Balige, menyerahkan Piagam Penghargaan & sipalas roha  kepada beberapa orang peserta didik dan beberapa orang guru pendamping  bersama Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lumban Julu, Kab Toba, Inang Kurniati br. Sirait, atas prestasi yang diperolehnya memenangkan medali emas, perak dan perunggu pada kompetisi  Garuda Sains Aras Nasional.

Penyerahan dilaksanakan di Lounge Hotel Labersa, Balige, diakhiri dengan jamuan kasih (makan siang bersama) di rumah makan terdekat. Penyerahan akan dilanjutkan Kepala Dinas Pendidikan Kab Toba kepada pihak yg berhalangan hadir di Balige dalam Upacara Bendera SMP Negeri 1 Lumban Julu, pada pagi hari ini sekaligus pengumuman bagi Keluarga Besar SMP Negeri 1 Lumban Julu. Penyerahan Piagam  Penghargaan  semacam ini sudah beberapa kali dilakukan BATAK CENTER. Jika Tuhan berkenan/ insha Allah, penghargaan  semacam ini secara ajek akan diberikan  kepada  generasi muda Batak (semua puak) yg prestatif dalam berbagai cluster kompetisi pada aras nasional & global demi mendukung  SDM Indonesia & Batak yg unggul. 

Mohon dukungan Ibu/ Bapak dan Saudara sekalian.

Salam habatakon!

Jkt, 11 Juli 2022

Sekjen BATAK CENTER,

Jerry R. Sirait

 

Photo Kegiatan...

 

Video Kegiatan

VIDEO KEGIATAN INTERNAL BATAK CENTER

Ketum Batak Center Meresmikan Jalan

 

ULOS FESTIVAL 2019